Hari ini: Senin, 26 Juni 2017 13:47

BERITA PROPERTI

Senin, 26 September 2016 10:05
Jakarta,SolusiProperti.com-Daya tarik arsitektur suatu negara tak hanya menambah keindahan kota, tetapi juga meningkatkan kinerja sektor pariwisata. Maka, bukan hal aneh banyak negara berbondong-bondong merancang dan membuat bangunan ikonis berbentuk unik yang mampu memikat turis berfoto di depan bangunan tersebut.

GALERI FOTO

Rabu, 10 Februari 2016 15:30
SolusiProperti.com – Perkembangan pembangunan sektor properti khususnya di kota besar di Indonesia selain Jakarta tetap masih berjalan. Ini karena permintaan konsumen untuk sektor ini masih banyak dan menarik. Salah satunya adalah pengembang PT Kopel Lahan Andalan (Kopelland) yang berencana untuk berinvestasi di kota Bandung.

GALERI VIDEO

Rabu, 11 November 2015 13:55
SolusiProperti.Com - Ini adalah aneh dan paling menakjubkan bangunan di dunia. Beberapa mungkin mempertanyakan orang yang merancang ini, mereka di mana orang lain mungkin memberikan beberapa inspirasi untuk berpikir secara berbeda tentang desain aneh tapi menakjubkan seperti ini.

SoperMart - Property Digital Marketplaces

Buka Toko Gratis!
Barometer Otomotif Terkini

BTN Turunkan Uang Muka KPR dari 20% Menjadi 10%

Jumat, 20 Januari 2012 10:10
SolusiProperti.Com-PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menurunkan uang muka kredit pemilikan rumah (KPR) dari 20% menjadi 10% dengan bunga hanya 9,75%. Semua ini dilakukan BTN untuk menyediakan alternatif KPR berbunga murah, seiring penghentian kucuran Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) oleh pemerintah. 


“Ini pengorbanan yang bisa kami lakukan untuk mengatasi sementara vakumnya kredit perumahan berbunga murah,” ujar Direktur Mortgage and Consumer Banking BTN Irman A Zahiruddin dalam siaran persnya kemarin. Irman mengatakan, kebijakan ini diambil agar masyarakat yang membutuhkan rumah bisa tetap melakukan pembelian rumah yang sangat dibutuhkan.

Menurut dia, penghentian mendadak pengucuran FLPP membuat banyak konsumen gagal melakukan transaksi pembelian rumah. Akibatnya, waiting list calon konsumen rumah di BTN langsung membengkak. “Penyaluran KPR FLPP kita per bulan biasanya sekitar 10.000 unit. Berarti, ada ribuan konsumen yang masuk waiting list. Itu sebabnya kami berikan mereka alternatif KPR,”jelasnya.

Irman menuturkan,BTN sudah mengajukan proposal sebagai bank pelaksana penyaluran KPR FLPP ke Kementerian Perumahan Rakyat pada 16 Januari lalu. Mengenai bunga sekitar 8,15%,menurut dia,itu masih rateyang terbaik saat ini. “Rate bisa turun, jika porsi dana komersial lebih sedikit dan porsi dana FLPP dinaikkan,” tutur Irman.

Dia menegaskan, tidak mudah menurunkan tingkat suku bunga karena untuk memenuhi kebutuhan ini BTN harus mengeluarkan corporate bonds. Dana komersial di BTN tersebut berasal dari obligasi berjangka waktu 10 tahun dengan bunga 8,75% sampai 9,25%. “Jadi, agak susah menurunkannya,” tandas Irman.

Kendati demikian, Irman mengaku, Bank BTN tengah mengkaji untuk opsi-opsi untuk menurunkan tingkat bunga KPR. “Kita kaji apakah akan mengurangi NIM atau mengatur komposisi joint financing,”kata Irman.Terkait dengan adanya bank lain yang mengaku bisa menyalurkan KPR FLPP dengan bunga hanya 6%, Irman menyatakan bahwa boleh saja bank pelaksana lain menyalurkan FLPP. Karena komposisi cost of fund dan platform masing-masing bank berbeda.

“Untuk bank lainnya dapat masuk ke FLPP, mereka harus membangun platformnya. SDM dan mengeluarkan biaya pengalaman untuk NPL.Selain itu, NIM dalam bisnis ini lebih rendah dari NIM bisnis bank lain pada umumnya,”jelas dia.[sr]

Baca juga:
Barometer Teknologi Terkini
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Comment Form is loading comments...
Barometer Wisata Terkini
Redaksi: redaksi@solusiproperti.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-573 6969 · Fax 021-579 02988
Henny di 0811-999-1717 · henny@mustangcorps.com