Hari ini: Rabu, 28 Juni 2017 16:04

BERITA PROPERTI

Senin, 26 September 2016 10:05
Jakarta,SolusiProperti.com-Daya tarik arsitektur suatu negara tak hanya menambah keindahan kota, tetapi juga meningkatkan kinerja sektor pariwisata. Maka, bukan hal aneh banyak negara berbondong-bondong merancang dan membuat bangunan ikonis berbentuk unik yang mampu memikat turis berfoto di depan bangunan tersebut.

GALERI FOTO

Rabu, 10 Februari 2016 15:30
SolusiProperti.com – Perkembangan pembangunan sektor properti khususnya di kota besar di Indonesia selain Jakarta tetap masih berjalan. Ini karena permintaan konsumen untuk sektor ini masih banyak dan menarik. Salah satunya adalah pengembang PT Kopel Lahan Andalan (Kopelland) yang berencana untuk berinvestasi di kota Bandung.

GALERI VIDEO

Rabu, 11 November 2015 13:55
SolusiProperti.Com - Ini adalah aneh dan paling menakjubkan bangunan di dunia. Beberapa mungkin mempertanyakan orang yang merancang ini, mereka di mana orang lain mungkin memberikan beberapa inspirasi untuk berpikir secara berbeda tentang desain aneh tapi menakjubkan seperti ini.

SoperMart - Property Digital Marketplaces

Buka Toko Gratis!
Barometer Otomotif Terkini

Perbedaan Arsitektur Tropis Dan Arsitektur Empat Musim

Senin, 9 Mei 2016 09:00
Ilustrasi
Jakarta,SolusiProperti.comDalam skala rumah tinggal atau bangunan berukuran sedang (lima lantai) terdapat perbedaan yang signifikan antara arsitektur di negara tropis dan arsitektur di negara empat musim. Di masa lalu, ada istilah arsitektur atap (shelter) dan arsitektur amplop (envelope) sebagai ilustrasi bahwa dua jenis arsitektur ini memiliki ciri yang berbeda dalam mengadaptasi kondisi iklim yang juga berbeda.

Pada negara empat musim, arsitekturnya didominasi oleh unsur atap dan dinding yang tertutup karena mempertimbangkan musim dingin. Salju yang turun pada atap, dalam beberapa jam saja akan menjadi tumpukan es yang berat. Kondisi ini memerlukan solusi berupa kemiringan atap yang agak curam, konstruksi atap yang lebih kuat, dan mengurangi teritisan sehingga salju dapat segera meluncur jatuh ke tanah.

Demikian pula, dengan dinding bangunan, diperlukan dinding yang lebih tebal dan masif agar dinginnya cuaca di luar bangunan menjadi lebih lambat merambat ke dalam bangunan. Selain itu, juga celah-celah dinding atau pada pertemuan dengan atap dibuat rapat dan kokoh. Hal inilah yang menyebabkan munculnya istilah arsitektur envelope.

Arsitektur empat musim ini tentu memerlukan lebih banyak energi, baik untuk pemanasan ruang sejak musim gugur, musim dingin maupun saat awal musim semi. Di samping itu, diperlukan juga energi penerangan saat musim dingin dan pendingin udara jika suhu musim panas agak berlebih.

Sedangkan arsitektur tropis dari segi konstruksi menjadi lebih sederhana dan dapat menggunakan bahan alami yang ringan tetapi tetap kuat, aman, dan fungsional. Dengan pertimbangan ini maka akan lebih banyak teknologi serta alternatif bahan yang dapat digunakan pada arsitektur tropis. Bahkan, dapat dikembangkan menjadi berbagai kemungkinan arsitektur yang lebih green.

Arsitektur tropis pada dasarnya berupa atap yang ditopang oleh satu tiang atau beberapa tiang. Atap ini berfungsi sebagai sarana bernaung atau berlindung dari teriknya matahari atau air hujan tetapi tetap mengupayakan adanya cahaya matahari dan aliran udara segar atau angin yang masuk. Dengan demikian, dapat mengurangi kelembapan udara dan menjadikan bangunan terasa sejuk dan segar.

Posisi atap terhadap dinding masih menyisakan celah dan kelebihan lebar atap yang sering disebut sebagai overstek, overhang atau teritisan. Peran teritisan ini sangat penting pada arsitektur tropis karena diperlukan untuk melindungi sebagian dinding bangunan atau melindungi bukaan pada dinding yang berupa jendela atau lubang angin. Di samping itu, teritisan dapat mengurangi terpaan sinar matahari yang terasa panas dan menghindari kucuran air hujan yang cukup lebat. (YN)

 

Baca juga:
Barometer Teknologi Terkini
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Comment Form is loading comments...
Barometer Wisata Terkini
Redaksi: redaksi@solusiproperti.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-573 6969 · Fax 021-579 02988
Henny di 0811-999-1717 · henny@mustangcorps.com