Hari ini: Rabu, 1 April 2015 20:00

Iklan Niaga

Enaknya, Kapan Ya Wisata Ke Eropa ? Banyak Pertanyyan Ini Muncul, Namun Bagi Orang Yang Sudah Mengetahuinya, Ingin Mengulang Perjalanannya..

BERITA PROPERTI

Selasa, 27 Januari 2015 10:40
SolusiProperti.com -  Peneliti memprediksi bahwa pada tahun 2025, dunia akan memiliki 37 kota besar, yang didefinisikan sebagai wilayah perkotaan dengan lebih dari 10 juta orang.

GALERI VIDEO

Selasa, 18 November 2014 09:49
SolusiProperti.Com-Furnitur asal Swiss yang didesain oleh Micasa Lab ini merupakan kursi goyang terunik yang pernah ada.
Barometer Otomotif Terkini

Mengenal Rumah Adat Tradisional Jawa Barat (SUNDA)

Selasa, 28 Mei 2013 07:00

SolusiProperti.com - Di masa kini, rumah berbentuk khas Sunda jarang ditemui di pemukiman-pemukiman masyarakat Jawa Barat saat ini. Bahkan di desa-desa pun sudah tidak nampak, karena orang-orang beralih kepada bangunan modern yang lebih kuat yang sesuai dengan zaman saat ini. Meskipun demikian, gaya Rumah Adat Jawa Barat bisa anda ditemui pada bangunan-bangunan rumah makan khas Sunda, museum, ataupun beberapa gedung pemerintahan di kota-kota Jawa Barat, dan lain sebagainya.

Seperti halnya rumah-rumah adat yang lain pada umumnya, Rumah Adat Jawa Barat umumnya dibangun menggunakan bahan-bahan alami seperti kayu, bambu, ijuk, daun kelapa, sirap, batu, dan tanah. Selain itu, bangunannya tidak berdiri langsung di atas tanah, melainkan berbentuk rumah panggung. Tujuannya adalah melancarkan sirkulasi udara sekaligus menghindari serangan dari binatang buas.

Tinggi panggung rumah-rumah khas Parahyangan ini biasanya sekitar 40 hingga 60 cm di atas permukaan tanah, cenderung dilengkapi geladak berupa tangga serta teras depan. Uniknya, bentuk atap pada Rumah Adat Jawa Barat memiliki perbedaan pada tiap-tiap wilayah Tanah Sunda.

Bentuk atap atau kalau orang sunda menyebutnya (suhunan), Beberapa Rumah Adat Sunda dibuat untuk menyesuaikan dengan keadaan alam serta kebutuhan masyarakatnya. Beberapa model rumah khas Parahyangan dilihat dari atapnya adalah suhunan jolopong atau regol, suhunan tago, suhunan badak heuay, suhunan perahu nangkub, suhunan capit gunting, suhunan julang ngapak, suhunan buka palayu, dan buka pongpok.  [uj]

Baca juga:
Barometer Teknologi Terkini
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Comment Form is loading comments...
Barometer Wisata Terkini
Redaksi: redaksi@solusiproperti.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 3000AC19
Kristian S di 0813-829-107-89 · kristian@mustangcorps.com · Blackberry: 298FA749